Jakarta, CNBC Indonesia – Warren Buffett akhirnya mengungkapkan saham tempatnya berinvestasi yang selama ini dirahasiakan. Ternyata, itu adalah perusahaan asuransi Chubb.

Melansir CNBC.com, Buffett melalui Berkshire Hathaway telah membeli hampir 26 juta saham Chubb yang berbasis di Zurich dengan nilai saham $6,7 miliar atau sekitar Rp106,9 triliun. Perusahaan asuransi properti dan kecelakaan ini menjadi perusahaan asuransi terbesar kesembilan di Berkshire pada akhir Maret.

Saham Chubb melonjak hampir 7% dalam perdagangan yang diperpanjang menyusul berita tentang saham Berkshire. Sahamnya telah naik sekitar 12% tahun ini.

Sebelumnya, perusahaan asuransi Ace Limited mengakuisisi Chubb pada tahun 2016 senilai $29,5 miliar dalam bentuk tunai dan saham, dan perusahaan gabungan tersebut mengadopsi nama Chubb. Evan Greenberg, CEO Chubb, adalah putra Maurice Greenberg, mantan ketua dan CEO raksasa asuransi American International Group.

Berkshire yang berbasis di Omaha memiliki jejak yang besar di industri asuransi, mulai dari perusahaan asuransi mobil Geico hingga raksasa reasuransi General Re dan sejumlah layanan asuransi rumah dan jiwa. Konglomerat ini juga mengakuisisi perusahaan asuransi Alleghany senilai $11,6 miliar pada tahun 2022.

Berkshire baru-baru ini keluar dari investasinya di Markeland Globe Life di industri yang sama.

Misteri terungkap

Berkshire telah merahasiakan pembelian ini selama dua kuartal berturut-turut. Berkshire diberikan perlakuan rahasia untuk menjaga kerahasiaan satu atau lebih kepemilikan sahamnya.

Topik mengenai misteri ini tidak diangkat pada pertemuan tahunan Berkshire di Omaha awal bulan ini.

Banyak yang berspekulasi bahwa pembelian rahasia tersebut mungkin berupa saham bank karena biaya dasar kepemilikan saham “bank, asuransi, dan keuangan” konglomerat tersebut melonjak sebesar $1,4 miliar pada kuartal pertama setelah meningkat sebesar $3,59 miliar pada paruh kedua tahun lalu. menurut pengajuan Berkshire yang terpisah.

Secara historis, Berkshire jarang meminta perlakuan seperti itu. Terakhir kali mereka merahasiakan pembelian adalah ketika membeli Chevron dan Verizon pada tahun 2020.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Terungkap, Ini Alasan Warren Buffet Ogah Investasi Emas


(fsd/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *