Jakarta, CNBC Indonesia – Pekan lalu, saham-saham “meme” era pandemi yang tercatat di bursa saham Amerika Serikat (AS) melonjak tinggi. Ini terjadi usai akun media sosial Keith Gill tidak aktif selama bertahun-tahun tiba-tiba muncul.

Dikenal sebagai “Roaring Kitty” di YouTube dan “DeepF-ingValue” di Reddit, Gill telah menarik perhatian dunia ke GameStop pada tahun 2021, menginspirasi gerombolan investor amatir untuk masuk ke saham perusahaan yang sedang kesulitan itu.

Pada Minggu malam waktu setempat, akun X (dahulu Twitter) yang terkait dengan Gill memposting sesuatu untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun. Yakni, gambar seorang pria mencondongkan tubuh ke depan di kursinya.

Meskipun bahwa postingan tersebut tidak menyebutkan ticker saham. Wall Street Journal mencatat, usai postingan tersebut, saham-saham meme melambung tinggi hingga lebih dari 100%.

Saham meme atau “meme stocks” adalah saham-saham yang pergerakan harganya sangat dipengaruhi oleh aktivitas di media sosial.

Seperti saham emiten ritel video game GameStop (GME), naik lebih dari dua kali lipat pada level tertinggi intraday pada hari Senin lalu dan ditutup naik 74% dalam rekor persentase kenaikan satu hari terbesar keempat. Saham itu terus naik pada hari Selasa, naik 60%. Secara keseluruhan, nilai pasar perusahaan itu telah bertambah sekitar US$9,6 miliar dalam dua hari.

Begitu pula dengan saham rantai teater film AMC Entertainment (AMC), yang meningkat naik 135% selama periode tersebut. Kemudian saham brand handphone yang sudah punah, BlackBerry (BB) naik 20%.

Lantas, apa saja saham meme?

Mengutip Forbes, investor saham meme biasanya berdatangan melalui komunitas online seperti Reddit. Perusahaan-perusahaan yang menjadi saham meme biasanya memiliki kinerja yang buruk dalam beberapa tahun terakhir, dan menarik perhatian para short-seller, yakni investor yang secara efektif bertaruh pada harga suatu saham yang akan semakin turun.

Saham meme mungkin juga memiliki unsur nostalgia bagi investor Milenial dan Gen Z, yang kini berusia 20-an dan 30-an. Karena merek-merek seperti GameStop, AMC, dan Nokia, yang sering dianggap sebagai saham meme, merupakan kebutuhan masa kecil kedua generasi tersebut.

Perusahaan dari industri apa pun dapat menjadi saham meme, asalkan mereka memiliki pengikut online yang kuat. Meskipun GameStop mungkin yang paling terkenal, beberapa saham lain dapat ditempatkan dalam kategori ini. Antara lain, AMC, Blackberry, dan Nokia Oyj.


Artikel Selanjutnya


Prabowo Bagi Pengalaman Main Pasar Modal-Jawab Kritik Food Estate


(fsd/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *