Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Patrick Walujo mengaku sangat mendukung program makan siang gratis andalan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto. Menurutnya, program itu bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat kelas bawah.

“Kalau saya tuh sangat mendukung program makanan gratis,” kata dia dalam seminar ekonomi ‘Menuju Indonesia Emas 2045’ bulan Februari lalu, dikutip Jumat (17/5/2024).

Patrick mengaku Gojek sudah mengunjungi wilayah pilot project untuk program makan siang gratis di Sukabumi, Jawa Barat. Ia menilai, dampak dari program tersebut sangat besar.

“Kalau kita lihat kalau kita spend US$30 miliar untuk makanan gratis input-nya kan semua ke Indonesia. Kalau telur, nasi, sayur-sayuran semuanya kan import dari Indonesia. Beda kalau kita subsidi minyak, minyaknya kita impor,” jelasnya.

Dengan demikian, Patrick yakin program tersebut akan menumbuhkan ekosistem pangan yang lebih besar di Indonesia. Menyambut program tersebut, ia menyebut sedang memikirkan cara untuk membantu pelaksanaan program andalan Prabowo itu. Dalam hal ini, Patrick menyebut mengawinkan teknologi Gojek yang sudah ada.

“Jadi kita bayangkan mestinya itu bisa nggak ya pemerintah ngasih subsidi itu nggak harus ke barangnya tapi ke manusianya. Jadi misalnya seorang kalau punya e-wallet, misalnya Gopay, lalu misalnya dapat tunjangan dari pemerintah sekian ratus ribu untuk makan gratis, atau untuk BBM, listrik dan lain sebagainya. Mereka bisa spend dengan QR khusus dengan untuk case itu,” ucapnya.

Maka demikian, Patrick meyakini harga BBM dan listrik tidak akan terdistorsi di bawah harga industri.

“Kalau kita bisa realokasi subsidi listrik dan BBM untuk memberikan makanan untuk anak-anak kita itu, impact-nya menurut saya bukan cuma stunting. Tapi juga IQ quality seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Video: GOTO Gelar Public Expose, Sahamnya Kok Loyo?


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *