Jakarta, CNBC Indonesia – Bursa Amerika Serikat (AS) Wall Street kompak menghijau pada awal perdagangan hari ini, Jumat (9/5/2024).

Di awal perdagangan, indeks Dow Jones menguat 0,44% ke 39.559,97. Indeks Nasdaq menanjak 0,48% e 16.424,42 sementara indeks S&P terapresiasi 0,47% ke 5.238,65.

Menghijaunya indeks melanjutkan tren positif setelah pada hari sebelumnya, ketiga bursa juga menguat.

Bursa menghijau seiring dengan meningkatnya kembali optimisme pasar mengenai pemangkasan suku bunga di AS. Optimisme muncul setelah data-data ekonomi AS menunjukkan pelemahan.

Klaim pengangguran melonjak menjadi 213.000 pada pekan yang berakhir pada 4 Mei 2024, dari 210.000 pada pekan sebelumnya.

Lonjakan klaim pengangguran ini memberi sinyal jika ekonomi AS kemungkinan mulai mendingin.

Sejumlah pejabat bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) juga mengindikasikan jika The Fed mulai melihat inflasi terkendali.

Sebelumnya pada rapat awal Mei, The Fed memutuskan untuk menahan suku bunga di level 5,25-5,50%. The Fed juga menegaskan jika tidak aka nada lagi kenaikan suku bunga tahun ini.

Sentimen positif juga datang dari Inggris. Ekonomi Inggris tumbuh 0,6% pada Januari-Maret 2024 atau yang tercepat dalam sembilan kuartal. Pertumbuhan tersebut juga menjauhkan Inggris dari ancaman resesi. Ekonomi Inggris sempat masuk dalam jurang resesi setelah terkontraksi selama dua kuartal sebelumnya.

Bank sentral Inggris (BoE) dalam pertemuan terakhir juga mengindikasikan jika mereka akan memangkas suku bunga tahun ini.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


The Fed Pangkas Suku Bunga 2024? Wall Street Menghijau


(mae/mae)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *