Jakarta, CNBC Indonesia – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melepas bisnis logistik perusahaan dengan megalihkan sebanyak 2.435.898 saham kepada pembelinya dengan hargaRp 14,7 miliar.

Dalam keterbukaan informasi GOTO, transaksi tersebut bukanlah transaksi afiliasi dan telah rampung pada 7 Mei 2024. 

Adapun perusahaan yang dilepas adalah PT Paket Anak Bangsa (PAB). GOTO menjual 100% kepemilikan di PAB yang memiliki dua anak usaha, yakni PT Swift Shipment
Solutions dan PT Swift Logistics Solutions.

“Pada tanggal keterbukaan ini, transaksi telah diselesaikan dan Perseroan tidak lagi mengendalikan PAB dan anak-anak perusahaannya. Dengan demikian, entitas-entitas ini akan didekonsolidasikan dari Grup,” tulis GOTO dalam keterbukaan informasinya, dikutip Jumat (10/5/2024).

GOTO mengungkapkan transaksi tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari restrukturisasi internal dan penataan kembali prioritas bisnis perusahaan. Hal itu berkenaan dengan adanya perubahan pada segmen e-commerce milik perusahaan termasuk pada bisnis pengiriman dan penyelesaian yang mendukung Tokopedia.

GOTO memastikan pelepasan bisnis logistik miliknya tidak akan berpengaruh pada layanan GoSend yang mengirimkan barang dari konsumen ke konsumen.

Dengan begitu, GOTO berharap bisa meningkatkan pertumbuhan basis demografi pengguna yang lebih luas pada unit bisnis on demand service dan financial technology secara lebih efisien di seluruh pasar Indonesia.

“Transaksi ini tidak berdampak merugikan terhadap kegiatan operasional dan kelangsungan usaha Perseroan,” tandas GOTO.

Sebagaimana diketahui sebelumnyaGOTO melepas 75% sahamTokopedia kepada ByteDance, indukTikTok. 

ByteDance menanamkan modal senilai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,38 triliun di PT Tokopedia. 

Melansir keterbukaan informasi, GOTO mengungkapkan perusahaan telah menandatangani perjanjian pembelian aset dan pengambilalihan saham pada 10 Desember 2023.

Sementara itu, pada perdagangan terakhir, Rabu (8/5/2024), saham GOTO naik 3,08% ke level Rp 67. Akan tetapi masih jauh dengan harga saham tertinggi dalam satu tahun terakhir, yakni Rp 147. 

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


GOTO Pede Mau Buyback Saham, Ternyata Ini Alasannya!


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *