Jakarta, CNBC Indonesia – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) berencana akan melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu III (PMTHMETD III) atau rights issue untuk menerbitkan sebanyak 2.447.298.377 atau setara dengan maksimum 10% dari total modal ditempatkan dan disetor perseroan yang akan diterbitkan dari saham portepel Perseroan dengan nilai nominal Rp20 per lembar saham.

“Dalam rangka mengembangkan kegiatan usaha Perseroan serta upaya memiliki kesempatan untuk melaksanakan potensi ekspansi, Perseroan memandang perlu untuk memperkuat struktur permodalannya,” tulis manajemen melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (8/5).

Melalui aksi korporasi ini, perseroan berharap akan mendapatkan alternatif sumber pendanaan untuk kepentingan Perseroan.

Perkiraan Periode Pelaksanaan PMTHMETD III

Sesuai dengan ketentuan Pasal 8C ayat (1) huruf a POJK 14/2019, PMTHMETD III akan dilakukan dalam jangka waktu 2 (dua) tahun sejak RUPSLB menyetujui PMTHMETD III.

Dana yang diperoleh dari hasil PMTHMETD III tersebut akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja dan grup, pengembangan usaha perseroan dan grup, baik dalam bentuk belanja modalatau pembelian saham dan pembelian asetatau penyertaan saham serta metode transaksi yang sesuai pada satu atau lebih perusahaan dengan industri yang sesuai atau terkait dengan kegiatan usaha grup perseroan.

Pelaksanaan PMTHMETD III juga akan memberikan dana tambahan bagi Perseroan untuk mendukung pengembangan kegiatan usaha Perseroan dan memperkuat struktur permodalan Perseroan. Manfaat tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan nilai tambah bagi para pemegang saham Perseroan.

Setelah pelaksanaan PMTHMETD III menjadi efektif, persentase kepemilikan saham dari pemegang saham Perseroan saat ini akan mengalami dilusi sebesar maksimum 9,091%.

Secara umum, pelaksanaan PMTHMETD III akan memberikan dampak secara langsung terhadap struktur permodalan dan likuiditas Perseroan. Dengan asumsi harga penutupan saham Perseroan per tanggal 3 Mei 2024 sebesar Rp2.560 dan kurs tengah Bank Indonesia per 3 Mei 2024 sebesar R16.202/USD, kondisi keuangan dan ekuitas Perseroan setelah pelaksanaan PMTHMETD III akan mengalami peningkatan sebesar AS$386.685.832.

Sehingga rasio utang terhadap ekuitas Perseroan membaik dari 0,8x sebelum PMTHMETD III menjadi 0,7x setelah PMTHMETD III.

Adapun jadwal PMTHMETD sebagai berikut:

Tanggal pencatatan (recording date) pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPSLB: 20 Mei 2024

Pemanggilan RUPSLB kepada para pemegang saham Perseroan melalui situs web BEl, situs web eASY.KSEL, dan situs web Perseroan
www.merdekacoppergold.com: 21 Mei 2024

Pemberitahuan perubahan atas mata acara RUPSLB kepada OJK (jika ada): 21 Mei 2024

Pengumuman Perubahan dan/atau Tambahan Keterbukaan Informasi ini : 10 Juni 2024

RUPSLB: 12 luni 2024

Pengumuman ringkasan risalah RUPSLB melalui situs web BEI, situs web eASY.KSEI, dan situs web Perseroan www.merdekacoppergold.com: 14 Juni 2024

Penyampaian risalah RUPSLB kepada O]K dan BEI: 12 Juli 2024

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Perdagangan Pertama Setelah Debat Capres, Cek Rekomendasi Saham Ini


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *