Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten BUMN konstruksi, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) tengah fokus dalam menyelesaikan pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang seksi 3 fase 1 Cileles-Panimbang melalui skema konsorsium di mana WIKA terlibat di dalamnya.

Pada pembangunan proyek ini, WIKA memiliki lingkup kerja pada ruas jalan Rangkasbitung – Simpang Susun Bojong, dengan pekerjaan yang mencakup konstruksi jalan dan jembatan sepanjang 3,72 Km.

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito menuturkan, saat ini progres pembangunan proyek tersebut telah mencapai 50,1%. Sebagai salah satu PSN yang dikerjakan, Proyek Jalan Tol Serang Panimbang Seksi 3 fase I menjadi salah satu proyek yang didorong pelaksanaannya dengan harapan akan selesai pada tahun ini.

“Pembangunan pada ruas tersebut akan membantu meningkatkan jumlah kendaraan pada jalan tol Serang-Panimbang yang dikelola oleh WIKA Serang Panimbang sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT),” ujar dia dalam keterangan resminya, Kamis (25/4/2024).

Dia mengatakan, seksi 3 sendiri merupakan seksi terakhir dari Proyek Jalan Tol Serang-Panimbang yang dikerjakan untuk mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya dengan mempersingkat waktu tempuh DKI Jakarta – Tanjung Lesung dari 4 jam menjadi 2,5 jam.

Tak hanya itu, keberadaan tol ini akan turut berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian masyarakat khususnya kawasan Banten Tengah dan Banten Selatan.

Selain seksi 3 Fase I, WIKA juga tengah mengerjakan Seksi 2 Rangkas Bitung – Cileles sepanjang 24,17 km disamping Seksi I yang saat ini sudah beroperasi.

Pembangunan pada kedua seksi tersebut telah memberikan kontribusi positif, diantaranya melalui penyerapan tenaga kerja konstruksi sebanyak kurang lebih 1.300 orang serta pembelanjaan UMKM mitra kerja proyek senilai kurang lebih Rp 1 triliun.

“Kami senantiasa mendorong keterlibatan UMKM dalam pembangunan berbagai proyek kami, termasuk Jalan Tol Serang Panimbang. Kami yakini dengan keterlibatan ini, masyarakat dapat merasakan manfaat proyek sejak masa konstruksi dari sisi peningkatan ekonomi wilayah sekitar maupun manfaat aksesibilitas pada saat proyek sudah beroperasi,” tandasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Mantap Penyehatan, Kontrak Baru WIKA Capai Rp 29,1 T di 2023


(dpu/dpu)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *