Jakarta, CNBC Indonesia – Harga minyak mentah di pasar spot kembali merangkak naik. Kenaikan harga disebabkan masih tingginya kekhawatiran atas kondisi geopolitik di Timur Tengah.

Pada perdagangan hari ini, Senin (15/4/2024) pukul 07.45 WIB, harga minyak brent menguat 0,22% ke posisi US$90,65 per barel. Sementara itu, harga minyak WTI naik 0,08% ke posisi US$85,73 per barel.



Ketegangan di Timur Tengah antara Iran dan Israel terjadi khususnya pasca Iran menghujani Israel dengan rudal Sabtu pekan lalu pada malam hari waktu setempat. Tak tanggung-tanggung, Teheran dilaporkan menembak 300 rudal dan drone berbagai jenis ke Negeri Zionis.

Ini menjadi pembalasan terbaru Iran pada musuh bebuyutannya itu. Iran mengklaim melakukan hal itu sebagai balasan atas serangan rudal Israel ke konsulat Iran di Damaskus Suriah, yang menewaskan tujuh orang, termasuk tiga jenderal pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC).

Bukan hanya Iran, serangan juga diberikan faksi-faksi pro Iran di sejumlah negara. Seperti kelompok pejuang Palestina, Hamas, kelompok Hizbullah di Lebanon, kelompok Houthi di Yaman, dan pemerintah Suriah rezim Presiden Bashar Al-Assad.

“Beberapa peluncuran juga dilakukan terhadap Israel dari Irak, Yaman dan Lebanon,” tegas Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Serangan dilakukan persis setelah IRGC menyita kapal kargo di Selat Hormuz yang diklaim memiliki koneksi di Israel. Di sejumlah kota di Iran, serangan dirayakan warga dengan mengibatkan bendera Iran dan Palestina.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Persediaan Melimpah AS & Permintaan Lesu Tekan Harga Minyak


(rev/rev)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *